Minggu, 03 Januari 2016

Analisa Lagu Dari Mata Sang Garuda



Pee Wee Gaskins Dari Mata Sang Garuda :

coba berdiri dipuncak gunung tertinggi
tak sadarkah semua tlah kita miliki

dari mata sang garuda
memandang luas dari langit yang tinggi
bersatulah untuk

indonesia
kobarkan semangatmu
kan kubela sampai habis nafasku
jangan pernah menyerah
sudah terlalu lama kita terlelap
bangkit dan raih semua mimpi

jangan lupakan darah dan keringat
pemuda pemudi sebelum kita
tak kan tergantikan segala harta
jangan biarkan mereka mencuri
segala semua dari leluhur kita
buka mata, hati, dan telinga
sebelum semuanya sirna

dari mata sang garuda
memandang luas dari langit yang tinggi
bersatulah untuk

indonesia
kobarkan semangatmu
kan kubela sampai habis nafasku
jangan pernah menyerah
sudah terlalu lama kita terlelap
bangkit dan raih semua mimpi

indonesia dengarlah suaraku
kan kubawa sampai akhir langkahku
jangan pernah menyerah
sudah terlalu lama kita terlelap
merah putih kan slalu dihati

Analisa :
Lagu ini saat pergelaran sepak bola terbesar se-ASEAN itu.Entah itu hanya sebagai lahan bisnis atau memang digunakan sebagai inisiatif untuk membangkitkan rasa nasionalisme terhadap anak remaja jaman sekarang ini yang semakin luntur. Pada bait awal yaitu :
coba berdiri dipuncak gunung tertinggi                                                                                                                                                         tak sadarkah semua tlah kita miliki                                                                                                                                                                dari mata sang garuda memandang luas                                                                                                                                                       dari langit yang tinggi bersatulah untuk Indonesia   
Pada bait tersebut mengandung makna bahwa kita adalah Negara yang besar, yang mempunyai segala kekayaan alam dan seharusnya kita bersatu untuk membangun Indonesia untuk lebih maju. Tapi karena kita kurang mempunyai rasa nasionalisme terhadap bangsa ini, kita tertinggal dengan Negara lain. Dengan kata makna pada bait tersebut adalah kita harus bersatu untuk membangun negeri ini. bangkit dan raih semua mimpi jangan lupakan darah dan keringat pemuda pemudi sebelum kita  Pada bait diatas mempunyai makna yang sangat mendalam, di mana bait tersebut menyuruh para pemuda dan pemudi bangsa ini untuk mengingat perjuangan para pahlawan kita yang sudah gugur dalam medan perang saat mempertahankan bangsa ini.
Tapi sayangnya para remaja saat ini tidak menghiraukan hal tersebut, mereka asyik dengan dunia mereka sendiri. Jadi bait tersebut mengingatkan para remaja untuk menghargai jasa para pahlawan terdahulu. jangan pernah menyerah sudah terlalu lama kita terlelap merah putih kan slalu dihati Pada bait di atas, menyuruh para warga Indonesia untuk tidak menyerah dalam membangun bangsa. Karena bangsa ini sudah tertinggal cukup jauh dengan Negara lain mulai dari segi ekonomi, social, dan SDMnya. Untuk itu, kita jangan pernah menyerah dalam menjalani hidup, kobarkan semangat nasionalisme terhadap sang merah putih.

0 komentar:

Posting Komentar